Program Penanggulangan Bencana Alam

17th Friday, 2010

Dokumentasi kegiatan Penanggulangan Bencana Alam oleh Taruna Siaga Bencana (Tagana).

Provinsi NTB termasuk daerah rawan bencana alam. sampai akhir Juli 2010 telah terjadi 44 kejadian bencana alam, mulai dari gempa bumi, angin putting beliung, banjir, tanah longsor, gelombang pasang, abrasi, bahkan sampai kekeringan.

Aktualisasi program yang dilaksanakan dalam penanggulangan Bencana Alam di NTB, meliputi; Gladi dan Mitigasi Penanggulangan Bencana; Pembentukan Kampung Siaga Bencana; Pemantapan TAGANA (Taruna Siaga Bencana) ; Pengerahan TAGANA ke Lokasi Kejadian Bencana Alam; Pengerahan Tagana Untuk Penyaluran Air Bersih dan Bantuan  Bahan Bangunan Rumah (BBR) bagi Korban Bencana Alam serta Bantuan Darurat Lauk Pauk bagi Korban Bencana Alam

Adapun hasil dari pelaksanaan program antara lain;

  1. Terciptanya kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana alam, baik saat sebelum, pada saat dan setelah terjadinya bencana.
  2. Terciptanya kesiapsiagaan masyarakat dari, oleh dan untuk mereka dalam menghadapi terjadinya bencana alam.
  3. Meningkatnya jumlah personil penanggulangan bencana yang terlatih sesuai dengan kebutuhan jumlah personil di daerah kabupaten/kota.
  4. Tertanganinya korban bencana secara cepat dan tepat, sehingga dapat mengurangi jumlah korban akibat bencana alam.
  5. Terpenuhinya kebutuhan air bersih warga pada saat terjadi bencana kekeringan.
  6. Terlaksananya rehabilitasi rumah penduduk yang mengalami rusak total/ rusak berat akibat bencana, sehingga mereka dapat hidup secara layak.
  7. Terlaksananya pemenuhan kebutuhan permakanan para korban bencana di tempat pengungsian maupun di tempat darurat lainnya secara cepat dan tepat.